Hi, guest ! welcome to Mahasiwa2Universitas. | Contact | CallMe Twitter | CallMe Facebook

Jumat, 14 November 2014

Coastal Upwelling

Created By :  
                         TUGAS MATA KULIAH OSEANOGRAFI FISIKA
Name      :     Mujizat Alam                                          Kelautan 2013
NPM       :     230210130065

                                       EASTERN INTENSIFICATION
  

                                                     UPWELLING

         Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenoma atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu.


COASTAL UPWELLING

Gambar 1. Coastal Upwelling
        Coastal upwelling adalah upwelling pada pesisir atau di daerah dekat pantai yaitu tipe upwelling yang paling banyak memiliki hubungan dengan aktivitas manusia dan memberikan banyak pengaruh terhadapa produktivitas perikanan di dunia, seperti ikan pelagis kecil (sardines, anchovies, dll.).Upwelling ini terjadi karena, efek coriolis yang membelokan angin kemudian permukaan laut akan terbawa oleh angin menjauhi pesisir, sehingga air laut dalam yang mengadung nutrien sangat tinggi, akan menggantikan air permukaan yang terbawa oleh angin. 
       Bagian kunci dari oseanografi fisika yang menimbulkan coastal upwelling adalah efek Coriolis yang didorong oleh wind-driven cenderung diarahkan ke sebelah kanan di belahan bumi utara dan ke arah kiri di belahan bumi selatan.
Gambar 2. Coastal Upwelling
      Coastal Upwelling terjadi di dekat pantai ketika stres angin memiliki komponen dalam arah sepanjang pantai dengan pantai ke kiri (di belahan bumi utara). Dalam kasus New Jersey ini akan menjadi angin selatan (angin bertiup ke utara), sedangkan di California upwelling terjadi ketika angin bertiup dari utara ke selatan. 
Perhatikan bahwa kasus upwelling terjadi ketika angin bertiup ke arah yang berlawanan dengan arah propagasi gelombang Kelvin. Coastal Upwelling ini berhubungan dengan Wind Stress, Ekman Transport, Ekman Dept.

         Upwelling terjadi karena angin Ekman transportasi berada di lapisan permukaan jauh dari pantai dan transportasi ini lepas pantai air permukaan diisi kembali oleh transportasi darat dari dasar perairan. Jika permukaan air hangat dan lapisan bawah dingin-seperti yang sering terjadi karena air dingin lebih berat-maka udara akan dingin. Demikian pula, seperti yang sering terjadi, jika lapisan bawah adalah nutrisi yang kaya maka upwelling akan membawa air kaya nutrisi ke dalam zona eufotik dan fitoplankton akan melimpah. Hal ini jelas terlihat dalam citra satelit dari suatu peristiwa upwelling di sepanjang pantai barat AS yang diikuti periode angin utara persisten


Gambar 4. New Jersey Shore 
        Demikian pula, sepanjang New Jersey Shore angin selatan menghasilkan upwelling. Dalam bulan-bulan musim panas bisa drop karena suhu pantai dapat mencapai hingga di bawah 60 derajat di tengah Juli !
     Bahkan fakta tahun terakhir ini upwelling begitu gigih sepanjang pantai timur AS yang menarik perhatian media nasional.
Gambar 3. Citra Satelit Mengenai Upwelling
      Interaksi antara batimetri dan upwelling memberi variabilitas bersama-pantai yang terlihat pada gambar di samping. THe peningkatan pertumbuhan plankton yang berhubungan dengan upwelling-dan konsentrasi bahan organik ini yang terkait untuk menghasilkan daerah oksigen terlarut yang rendah sepanjang pantai New Jersey.


Untuk lebih rinci mengenai studi kasus tentang coastal upwelling dapat di klik blog teman saya, dengan link http://aryanarendra.blogspot.com/

DAFTAR PUSTAKA
1.  http://www.nwfsc.noaa.gov/research/divisions/fe/estuarine/oeip/db-coastal-upwelling-index.cfm

2. G. Neumann and W. J. Pierson, Jr., 1966. Principles of Physical Oceanography  [Ebook]














Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Comment if you like this paper.