Hi, guest ! welcome to Mahasiwa2Universitas. | Contact | CallMe Twitter | CallMe Facebook

Selasa, 19 Mei 2015

Pola Pergerakan Mahasiswa Yang Dipengaruhi Aspek Sosial Budaya Setiap Fase (Pergerakan masa lalu, kini, dan masa akan datang)

Essay_SOL8                                                                                                             MUJIZAT ALAM
230210130065
FPIK

Judul :
“Pola Pergerakan Mahasiswa Yang Dipengaruhi Aspek Sosial Budaya Setiap Fase (Pergerakan masa lalu, kini, dan masa akan datang)”

Mahasiswa mempunyai tanggung jawab besar dalam melaksanakan fungsinya sebagai kaum muda terdidik yang sadar akan kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan.
Sejarah mencatat bahwa kaum pemuda khususnya mahasiswa memegang peranan penting dalam tonggak perubahan di negeri ini dengan sifat yang kritis, ketajaman intelektual, independensi, serta energi yang besar.
Dalam sejarahnya, pergerakan mahasiswa dilakukan dengan berbagai metode, baik berupa aksi damai, diskusi, penyadaran, turun ke jalan, maupun penyebaran release atau pamflet ke masyarakat, audiensi, dan lainnya
Jika kita melihat sejarah Indonesia, pergerakan mahasiswa terbagi menjadi 4, yang pertama, pergerakan nasionalis kemerdekaan (1900-1945), yang kedua pergerakan orde lama (1945-1965), yang ketiga pergerakan orde baru (1965-1998), dan yang terakhir pergerakan reformasi (1999-sekarang).
Dalam setiap pergerakan mahasiswa memiliki corak masing-masing yang mencirikan ideologi yang mereka bawa. Namun dalam pergerakan mahasiswa kini, gerakan mahasiswa dituntut dapat menjaga demokrasi, menggapai kesejahteraan, dan mencerdaskan bangsa

Pergerakan mahasiswa zaman ini bersifat pragmatis kultural serta memiliki godaan-godaan yang lebih banyak. Oleh karena itu, profesionalisme, usaha, pengabdian kepada masyarakat, gerakan lingkungan menjadi alternatif pilihan bagi para mahasiswa dalam kondisi politik sekarang in terlebih lagi setelah pemilihan presiden RI pada tahun 2014 lalu.
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Comment if you like this paper.